Tentang Firaun, yang hatinya dikeraskan oleh Tuhan. Apa itu memang rencana Tuhan untuk mempermalukan Firaun sampai sekarang?
Dan apakah Amanat Agung hanya untuk orang yang tidak percaya dan ragu-ragu?
(dasar ayat Matius 28:17 ; Markus 16:14)

(Hen Sh)

 

 

Wah, kalau yang ini mestinya tidak perlu di"soal"kan karena memang tidak ada masalah. Yang ada di dalamnya adalah "mau bicara apa". Untuk itu, sebetulnya yang paling baik berdoa kepada Tuhan, minta petunjuk Tuhan mau berbicara apa kepada kita. Ayat-ayat seperti ini bisa "banyak bicara" tergantung Tuhan mau memakainya untuk bicara kepada kita pada waktu kita bermasalah.

Kalau saya mencoba untuk memberi penjelasan, maka penjelasan ini hanyalah melihat dari salah satu sudut saja. Kalau sudut pandangnya berubah, maka yang kita tangkap dan mengerti juga bisa lain seperti kita masuk rumah Tuhan, kalau orang ditanya apa yang anda lihat pertama di dalam gereja, jawabannya pasti lain-lain, meskipun kita masuk gereja yang sama pada jam yang sama, liwat pintu yang sama. Jadi ayat-ayat mengenai Firaun atau murid bimbang, adalah "hal biasa" seumpama kita masuk gerja tadi, tak ada barang atau keadaan yang ditutupi kain. Semuanya gamblang, cuma perhatian kita saja yang menentukan mana yang kena perhatian kita yang duluan kita lihat.

Salah satu "hal" yang bisa kita lihat adalah "Tuhan mengeraskan hati Firaun karena ingin menguatkan iman Musa dan agar kuasa Tuhan bisa (menunjukkan) menjadi pengalaman bagi Musa sebagai sangu/bekal perjalanan yang melelahkan di padang pasir. Kalau Musa tidak mengalami kenyataan kuasa Tuhan, apakah Musa akan kuat memimpin perjalanan itu? Ia juga manusia, kalau belum pernah mengalami ditolong Tuhan, gampang menyerah dan meragukan Tuhannya. Lantas bagaimana nasib Israel kalau pemimpinnya tidak memiliki iman yang kuat?"

Juga mengenai apakah Amanat Agung hanya untuk orang yang bimbang. Boleh jadi begitu, karena setiap manusia pada dasarnya mesti pernah bimbang (lha wong iblis yang suka menggoda masih gentayangan). Jadi pada waktu kita bimbang, Tuhan menegur kita, "kok masih saja bisa bimbang, sudah berapa kali Aku mengajarimu, sudah berapa kali Aku menolongmu, sudah berapa kali Aku melepaskan bebanmu, masih juga kau ragu-ragu tentang Aku? Pergilah kamu melaksanakan AmanatKU, maka Aku akan menunjukkan kepadamu betapa besar kuasaKu dan betapa besar kasihKu kepada manusia, melalui kamu".

Sekian, sebagai salah satu yang tersirat ketika saya melihat pertanyaan anda, mungkin anda bertanya karena Tuhan telah memilih anda untuk pergi membawa AmanatNya dan Tuhan akan menunjukkan kebesaranNya melalui anda, atau ada sanak-teman anda yang menunggu anda untuk menyatakan kasihNya, renungkanlah dan berdoalah.

Tuhan memberkati.
 

 

 

         

 

 

Powered by: SECAPRAMANA.Com. Inc.