HEALTHY SEXUAL LIFE

         

 OTOT PANGGUL KUAT ORGASME MANTAP

 

Letaknya tersembunyi, maka orang sering lupa kalau memilikinya. Padahal perannya cukup vital bagi kebugaran seksual pasangan suami-istri. Karenanya perlu dilatih supaya kuat. Itulah otot dasar panggul. Sayangnya, pusat pelatihan otot yang saat ini bertebaran banyak yang tidak memiliki tenaga ahli.           

 

Bagi suami-istri macam Indra dan Indri yang masih berusia muda, hubungan seksual mestinya menjadi bagian kehidupan yang menyenangkan. Sayangnya, kelemahan otot dasar panggul pada keduanya membuat kehidupan suami-istri mereka tidak terlalu hot. Maka mereka perlu memperkuatnya dengan latihan.

Sekedar mengingatkan, dalam berhubungan seksual sepasang suami-istri pasti memerlukan rangsangan seksual, gairah seksual atau libido, bangkitan seksual, dan orgasme. Di antara keempatnya, faktor bangkitan seksual dan orgasme sangat memerlukan peran otot dasar panggul. Makin kuat kontraksi otot ini, makin membantu mengalirkan darah ke alat kelamin, baik pada Indra maupun Indri.

Pada saat Indri melakukan kontraksi otot dasar panggulnya, maka darah banyak dialirkan ke vagina sehingga terjadi lubrikasi atau pengeluaran cairan. Hal ini penting untuk proses penetrasi penis. Selain itu, kontraksi otot dasar panggul mengubah warna vagina makin lama makin gelap. Kontraksi yang makin mencengkeram pada akhirnya akan makin meningkatkan kualitas seksual pasangan Indra dan Indri.

Ya, kondisi otot dasar panggul merupakan salah satu faktor pendukung untuk mencapai kenikmatan seksual pasangan suami-istri macam mereka. Otot ini biasa disingkat sebagai otot panggul. Dalam bidang seksologi lebih dikenal sebagai otot puboccygeus (PC). Ia terdiri atas beberapa kelompok otot yang bekerja bersamaan.

Letaknya menyebar mulai dari tulang kemaluan (pubis) ke arah belakang, yaitu tulang ekor (coccygeus). Tepatnya sekitar 2,5 cm dari permukaan kulit. Ketebalannya pun beragam sekitar 2,5-5 cm. Otot ini dipersarafi oleh saraf kemaluan. Walaupun berbeda secara prinsip, otot-otot PC pada pria masih identik dengan yang ada pada wanita.

Fungsi otot panggul untuk menunjang kandung kencing dan rahim, agar tetap pada kedudukannya. Bila otot ini lemah, organ dalaman itu akan turun dari posisi semula. Dalam keadaan normal organ dalaman disangga dan berada di atas otot PC. Sebaliknya, bila terjadi kelemahan otot PC di mana terjadi penurunan organ dalaman melewati posisi otot PC yang normal.

Fungsi otot dasar panggul dipengaruhi oleh faktor psikis, fisik (seperti infeksi organ saluran kemih dan reproduksi, kekakuan otot yang berlebihan, penipisan otot, dan kelemahan otot), serta proses belajar atau pelatihan.  

 

Perlu tenaga ahli

Yang menyedihkan, otot yang terletak di dalam rongga panggul ini sering dilupakan orang, termasuk Indra dan Indri. Padahal itu amat bermanfaat dalam mendukung aktivitas seksual. Mengapa sering dilupakan? Bisa jadi lantaran letaknya yang tersembunyi, sehingga mereka tidak menyadari punya otot ini. Kalaupun sudah mengetahuinya, banyak yang belum mengetahui apa yang perlu dilakukan terhadap otot ini. Yang lebih menyedihkan lagi, kegunaan otot itu pun tidak tahu.

Yang jelas, sudah lama dikenal bahwa kelemahan otot PC akan berpengaruh terhadap ketidakmampuan menahan air kencing (kuat lemahnya otot ini diukur dengan alat perineumeter atau perrymeter dengan satuan milivolt). Namun, kemudian sering dilaporkan ada hubungan erat antara kemampuan menikmati orgasme dengan kekuatan kontraksi otot dasar panggul. Hal ini antara lain dilaporkan oleh Perry, Lesly, dan Whipple.

Suatu penelitian di Denpasar 1989-1992 menunjukkan adanya peningkatan kualitas seksual pada pasutri setelah melakukan terapi terpadu. Pelatihan ini terdiri atas pelatihan kebugaran fisik, pelatihan kebugaran seksual (pelatihan otot dasar panggul, paha, perut, punggung bagian bawah dan pantat), dan pelatihan seksual. Pelatihan kebugaran seksual diprogram untuk 12 minggu dengan frekuensi tiga kali per minggu dan setiap latihan lamanya satu jam.

Dari penelitian terungkap pula sebagian besar wanita yang mempunyai kekuatan kontraksi otot dasar panggul di bawah 10 milivolt ternyata jarang mencapai orgasme. Sedangkan mereka yang mempunyai kekuatan kontraksi di bawah 5 milivolt dapat dikatakan hampir tidak mampu mencapai orgasme. Sesudah mengikuti pelatihan selama 12 minggu, terjadi peningkatan kekuatan kontraksi otot dasar panggul, dan barulah mereka merasa ada perubahan dalam kualitas hubungan seksualnya.

Sebenarnya pelatihan otot dasar panggul atau pelatihan Kegel sudah banyak diketahui masyarakat awam, terutama di daerah perkotaan. Namun, untuk melatih otot dasar panggul agar menjadi kuat ini perlu pendampingan tenaga ahli. Pelatihan tidak dapat dilakukan secara sembarangan, apalagi dilakukan sendiri tanpa dasar pengetahuan yang memadai.

Sayangnya, tempat-tempat pelatihan otot dasar panggul yang banyak bermunculan tidak di bawah pengawasan ahli dan dengan modul yang jelas. Akibatnya, kadang terjadi cedera olahraga atau salah latih. Kebanyakan pelatihan itu tidak tertata secara ilmiah sehingga sulit untuk dibuat tolok ukur yang pasti.

Yang lebih memprihatinkan, tidak ada evaluasi yang pasti tentang kemajuan pelatihan.

Sebagian pelatih juga tidak memahami betul ihwal otot dasar panggul. Tidak jarang dijumpai pula pelatih yang tidak mempunyai latar belakang fisiologi olahraga atau kesehatan olahraga. Bahkan, pengetahuan tentang dasar-dasar anatomi, fisiologi, dan seksologi kadang tidak punya. Akibatnya, informasi tentang pelatihan otot PC ini lebih banyak diarahkan ke kualitas seksual daripada gangguan buang air kecil. 

 

Berdasarkan FITT

Prinsip pelatihan otot dasar panggul sebenarnya hanya melatih mengisolasi gerakan otot, misalnya mencoba menghentikan dan memulai pengeluaran air kencing dengan cara mengatur kontraksi otot dasar panggul.

Keberhasilan pelatihan itu ditentukan oleh berbagai faktor, antara lain kualitas metode pelatihannya. Baik buruknya metode pelatihan tergantung terutama pada sumber daya manusia (SDM). Sekitar 69% dari keberhasilan suatu program pelatihan ditentukan oleh kualitas SDM, sedangkan yang lain tergantung pada sarana dan prasarana. Pelatih dalam pelatihan otot dasar panggul haruslah mempunyai pemahaman holistik tentang bidang lain sebelum memberikan pelatihan.

Masa kini adalah era informasi dan pemanfaatan jaringan di mana kita mulai merintis kerja sama dengan berbagai bidang ilmu. Bila dilihat dari sejarah perkembangan pelatihan Kegel ini, yang pertama menemukan ialah seorang dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan, kemudian yang lebih kreatif mengembangkan justru bukan dokter tetapi seorang psikolog bernama John Perry.

Namun, penguasaan pelatihan tidak akan berjalan dengan baik tanpa dibantu para ahli fisiologi olahraga, kesehatan olahraga, dan ahli seksologi. Pada saat pelatihan ini baru ditemukan oleh Kegel, mungkin merupakan suatu kejutan, tetapi masyarakat berkembang begitu cepat sehingga perlu ilmu-ilmu lain untuk menyempurnakannya.

Pedoman pelatihan tetap mengacu kepada prinsip FITT (frekuensi, intensitas, tipe, dan tempo). Pengaturan dari FITT tergantung pada individu masing-masing. FITT memang disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi peserta pelatihan. Tapi yang jelas, makin lama harus makin ditingkatkan. Satu-satunya cara untuk meningkatkan kontraksi otot, termasuk otot dasar panggul, ialah secara aktif melakukan latihan.

Namun perlu disadari, pelatihan otot dasar panggul hanya bagian kecil dari pelatihan kebugaran seksual suami-istri macam Indra dan Indri. Kebugaran seksual merupakan pelatihan yang menyeluruh dari berbagai otot tubuh yang berkaitan dengan aktivitas seksual mereka. Pelatihan sebaiknya dilakukan dengan program yang disusun secara ilmiah dari konsep fisiologi olahraga dan seksologi.

Hubungan antara kekuatan kontraksi otot dasar panggul dengan kemampuan orgasme, baik pada Indri maupun pada Indra, sudah jelas tidak bisa dipungkiri lagi, karena sudah ada beberapa data penelitian yang mendukungnya. Sekarang tergantung seberapa banyak orang yang memahami hal ini, kemudian berusaha memberdayakan diri demi meningkatkan kualitas seksual.          

         

 

(Alex Pangkahila - Konsultan Seks dari Pusat Konsultasi Seksual dan Terapi Latihan Klinik Grasia, Denpasar)


 

Perangsangan yang dilakukan pada G-Spot akan menghasilkan orgasme yang maksimal bagi wanita  

 

 

 

         

 

 

Powered by: SECAPRAMANA.Com. Inc.