HEALTHY SEXUAL LIFE

 

 

Ya Kenyang Ya Garang

Tak usah jauh-jauh mencari pembangkit gairah jika kehidupan seksual anda sedang menunduk ketika berupaya merengkuh kenikmatan bersama pasangan. Melalui makanan sehari-hari anda bisa mereguk kembali masa-masa indah beberapa tahun setelah pesta perkawinan usai. Jika rutin dan disiplin mengasup makanan-makanan tadi, kasarnya anda memperoleh dua hal: kenyang dan garang!          

 

"Let food be thy medicine and medicine be thy food". Begitulah ujaran bapak kedokteran Hippocrates. Selama kita menjaga pola makan yang benar dan seimbang, sepertinya penyakit ogah mendekat. Nah, berkaitan dengan aktivitas seksual, masyarakat mengenal beberapa makanan yang dipercaya memiliki khasiat khusus. Bisa dibilang sebagai obat atas masalah seksual yang dihadapi, khususnya keloyoan senjata pria. Yang terkenal adalah daging kambing. "Wah, siap nanduk nih!", begitulah guyon yang sering terdengar setiap melihat orang yang memakan makanan berbahan baku daging kambing. Sayangnya, menurut banyak ahli, tak ada yang istimewa di dalam daging kambing. Kandungan protein, lemak, dan karbohidratnya tak jauh berbeda dengan daging sapi atau daging kerbau. Begitu juga dengan kandungan asam lemaknya, podo bae. Sami mawon alias sama saja. Sejauh ini juga belum ada telaah ilmiah yang mendukung mengapa daging kambing bisa meningkatkan potensi seksual kaum pria.

Akan tetapi, bukan berarti makanan tidak memiliki keistimewaan dalam kaitannya dengan aktivitas seksual. Merujuk ke ungkapan Hippocrates tadi, bila seseorang melakukan pola makan sehat, kehidupan seksual suami istri dijamin lancar jaya. Masalahnya, bagaimana menjalankan pola makan yang sehat itu?

Beberapa hal harus anda perhatikan kalau mau memperoleh kehidupan seksual yang sehat. Misalnya saja mengonsumsi makanan yang bergizi dan lengkap vitaminnya. Hal ini akan membuat stamina jadi meningkat, dan secara otomatis akan meningkatkan gairah seksual anda. Lalu kurangi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana macam gula, sirup, permen, dan semua yang manis-manis sebab akan membuat kadar gula dalam darah tinggi dan berakibat menurunnya libido. Hindari kebiasaan minum teh, kopi, alkohol, dan merokok yang dapat menurunkan libido anda.

Ingat pula bahwa makanan berlemak jenuh tinggi berpotensi membentuk plak pada pembuluh darah, termasuk di daerah genital. Plak ini bisa menyumbat aliran darah ke organ genital tadi. Akibatnya sudah bisa ditebak, gairah seksual anda dapat terganggu. Makanan apa saja yang berlemak jenuh tinggi? Lemak ayam, sapi, dan makanan yang digoreng adalah beberapa contohnya. Sebagai gantinya, liriklah makanan yang mengandung lemak baik seperti yang terdapat pada ikan laut. Penting dicatat, selain omega 3, ikan laut mengandung pula arginin dan seng (Zn). Nah, menurut para urolog, seng ini memiliki kaitan dengan masalah seksual pria. Pada bayi laki-laki yang kekurangan senyawa seng dalam tubuhnya, pertumbuhan organ seksualnya menjadi kurang sempurna. Lalu pada lelaki dewasa, unsur seng ternyata terdapat di air maninya. Kadar seng yang rendah akan berdampak menurunnya gairah seksual dan dorongan untuk berejakulasi. Tak hanya itu, kekurangan Zn akan mengakibatkan menurunnya jumlah sperma dan hormon testosteron. Penurunan hormon pria otomatis mempengaruhi gairah seksual. Semakin rendah hormon ini semakin berkurang libidonya; baik pada laki-laki maupun perempuan.

 

Makanan Cassanova

Melihat keterkaitan senyawa seng dengan aktivitas seksual, maka para ahli mengingatkan para pria yang ingin kehidupan seksualnya mulus tanpa hambatan agar tidak lupa menyantap makanan yang mengandung senyawa seng ini. Makanan apa saja yang mengandung seng? Bisa seafood, daging sapi, daging kambing, dan kacang-kacangan. Hmmm........ jadi memang ada kaitannya antara makan kambing dengan gairah yang meningkat. Cuma tidak lantas makan daging kambing langsung greng sebab untuk mencapai kadar greng melibatkan banyak faktor.

Untuk meningkatkan libido, perempuan butuh mengasup seng sebanyak 12 mg/hari. Sedangkan pria lebih banyak, 15 mg/hari. Lalu apa itu arginin yang terkandung di ikan laut tadi? Ini merupakan salah satu jenis asam amino. Arginin membantu membuka aliran darah pada alat kelamin sehingga aktivitas seksual bisa berjalan dengan normal. Kebutuhan arginin per-hari antara dua dan lima gram. Senyawa ini bisa diperoleh di cokelat, havermout, gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, dan tentu saja ikan laut.

Masih banyak jenis makanan lain yang dipercaya dapat meningkatkan libido. Banyak yang belum dimengerti oleh para ahli mengapa makanan itu bisa jos buat urusan ranjang. Mereka baru menduga ada kandungan tertentu dalam makanan itu yang dapat mempengaruhi hormon, kimia otak, kadar energi, dan stress seseorang sehingga gairah seksualnya terangkat. Jenis makanan itu antara lain cokelat, tiram, buah dan sayuran, madu, ginseng, serta jahe.

 

Cokelat 

Cokelat banyak mengandung phennylethylamine, salah satu zat yang bersifat neurotransmiter (zat yang menciptakan rangsangan dan gairah seks serta merupakan stimulan yang sangat berkhasiat). Makanan yang mengejawantah dalam minuman, kue, atau camilan cokelat ini sudah dipercaya sebagai afrodisiak sejak zaman dahulu. Cassanova, pengelana dari Italia yang lebih dikenal sebagai penakluk perempuan selalu mengonsumsi cokelat sebelum bercinta.

Kandungan yang ada di dalam cokelat dapat memperbaiki suasana hati dan mempengaruhi munculnya gelora cinta. Kaum perempuan yang memakan cokelat mood-nya akan lebih baik juga akibat kandungan magnesiumnya. Kandungan flavanoid dalam cokelat pun mampu melenturkan pembuluh darah sehingga aliran darah lancar, termasuk yang menuju ke organ seksual pria.

 

Tiram 

Tiram juga menjadi makanan kegemaran Cassanova selain cokelat tadi. Diceritakan bahwa Cassanova dan para pacarnya setiap hari makan tiram mentah sehingga gairah seksual mereka meningkat. Para ahli menduga kandungan seng yang tinggi pada tiram menjadi penyebab mengapa makanan ini dipercaya sebagai afrodisiak. Namun, sebenarnya bukan hanya tiram yang mengandung banyak seng. Berbagai jenis kerang-kerangan lain juga memiliki manfaat yang sama.

 

  Buah dan sayur 

Dalam budaya Romawi dan Yunani selalu tersedia buah dan sayur sebelum mereka melakukan aktivitas seksual. Bisa dimengerti sebab buah dan sayur merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral yang dapat meningkatkan stamina tubuh dan melancarkan aliran darah. Dampaknya, gairah seksual pun meningkat.

Buah seperti apel, pir, anggur, avokad, dan sayuran macam taoge, seledri, kemangi, dan cabai mengandung vitamin E, kalium, serta fosfor yang dapat meningkatkan stamina tubuh dan melancarkan aliran darah.

 

Madu

Dipercaya sebagai afrodisiak instan karena kandungan vitamin, mineral, dan asam amino. Jika rajin mengonsumsi madu, vitalitas meningkat, stamina terjaga, dan gairah pun selalu tegak.

 

Ginseng

Akar satu ini mengandung hormon estrogen (hormon seks perempuan) dan ginsenosida, senyawa yang dapat mengatur kelenjar pituitari dan adrenalin. Namun ginseng tidak termasuk afrodisiak instan. Fungsinya lebih sebagai pemulih fungsi seksual yang mulai berkurang.

 

Jahe 

Rimpang ini membuat tubuh bugar sehingga gairah seksual meningkat berkat kandungan minyak atsirinya yang terdiri atas zingeberin, kamfena, lemonin, zingeberal, gingeral, dan shogool. Ada juga senyawa mirip astrogen. Panas yang ditimbulkan jahe dapat melancarkan sirkulasi darah dan mengangkat hasrat seksual yang jongkok.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa jahe merah dapat mempengaruhi hormon dan meningkatkan jumlah sperma. Bisa jadi itu karena kandungan vitamin B kompleksnya yang mempengaruhi mood dan kebugaran.

Perlu diperhatikan, gizi cukup dan mengasup makanan afrodisiak tadi tidak langsung menjamin gairah seksual anda bangkit. Jangan lupa berolahraga secara rutin sebab dengan begitu jantung dan paru-paru dipaksa untuk bekerja secara maksimal. Aliran darah ke otak - organ seksual yang utama - maupun ke organ seks lainnya pun menjadi lancar.                

 

 

(Agus Surono)


 

Begitu seorang pria berhasil mencapai orgasme berulang, dia tidak hanya dapat memuaskan dirinya sendiri, tapi juga akan lebih efektif memuaskan pasangannya. 

 

 

 

         

 

 

Powered by: SECAPRAMANA.Com. Inc.