MEDITASI  ZHEN QI  SIRKULASI

 

 

YANG PERLU DIPERHATIKAN:

 

1. Jangan mengkombinasikan meditasi aliran Zhen Qi dengan meditasi aliran lainnya. Masing-masing aliran mempunyai cara dan target sendiri yang berbeda. Jadi, boleh saja kita ikut pelatihan meditasi macam apapun, namun disarankan kalau bermeditasi hanya konsisten menjalankan satu aliran dengan caranya penuh untuk dilaksanakan secara konsisten, bukan dikombinasikan.

2. Dalam bermeditasi Zhen Qi, jangan mengatur gerakan qi untuk diarahkan ke bagian tertentu pada tubuh kita. Qi itu pandai, bisa cari jalan sendiri dan memperbaiki semua daerah tubuh yang dibutuhkan akan dilalui dengan sendirinya tanpa diatur oleh konsentrasi kita. Memang meditasi Zhen Qi ini sungguh sederhana sekali, kita hanya diminta konsentrasi pada napas buang diarahkan ke shia tandien (tandien bawah), itu saja secara terus menerus berkesinambungan (khusus bagi wanita ketika mengalami masa menstruasi, konsentrasinya dirubah sementara waktu diarahkan ke tandien tengah, dan setelah masa menstruasi selesai bisa kembali lagi konsentrasi ke arah tandien bawah seperti biasanya).

3. Seperti halnya meditasi lainnya, meditasi Zhen Qi pun bisa mentransfer qi kepada orang lain (orang sakit, dsb.). Tetapi JANGAN ANDA LAKUKAN !!  Kita bisa sering kehabisan qi tanpa kita sadari, mengakibatkan kita dapat cepat matek karna sebenarnya kita akan sering sakit akibat kekurangan qi. Sebaiknya, orang lain yang membutuhkan qi itu kita sarankan untuk belajar dan berlatih meditasi Zhen Qi sendiri agar dapat memproduksi qi dari tubuhnya bagi kesehatan dirinya sendiri.

 

 

TIPS NIKMAT BERMEDITASI ZHEN QI  (ala Den Vincent) :

 

1. Setelah seharian bekerja dan banyak acara yang melelahkan namun kita ingin bermeditasi, sebaiknya kita mandi (lebih bagus lagi berendam) terlebih dahulu dengan air panas (sepanas mungkin yang bisa diterima kulit tubuh kita). Ketika mandi tadi, kita juga harus sudah mulai proses santai tidak dikejar target maupun waktu. Selesai mandi, kita lanjutkan dengan bermeditasi. Wouw.......... cepat sekali 'in' dimana qi segera berputar mengelilingi meridian makro dan mikro tubuh kita. Nikmatnya bo......................

2. Selama meditasi, bisa juga sambil diputarkan lagu soft yang cocok untuk mengiringi kita bermeditasi. Salah satu yang direkomendasi adalah 1 dos berisi 9 CD SOFT MUSIC (for relaxing and healing): Morning, Season for Life, Whisper of the Wind, Flower, Pray to the Moon, Journey, Evening, Wisdom, When the Soft Wind Blows. Akan terasa nikmat apabila disetel pelan sekali. Masing-masing CD berputar selama kurang lebih sejam (bisa sekalian untuk alarm waktu), pas yang dibutuhkan untuk sekali meditasi Zhen Qi.

3. Pada dasarnya bermeditasi Zhen Qi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Namun sebaiknya ada yang diutamakan yang selalu dilakukan pada waktu yang sama dan secara teratur setiap hari, misalnya setiap pagi jam 04.00 selama satu jam.

 

 

 Dengan bermeditasi, kita dapat lebih menyadari kebesaran Sang Pencipta akan kehebatan dan kesempurnaan alam semesta ini, dimana kita dapat memanfaatkan segala sesuatu dari alam yang tersedia di sekitar kita untuk mencapai kenikmatan hidup (sehat, sejuk, tenang, dan bahagia). Dengan demikian kita dapat lebih bersyukur kepada Sang Pencipta yang telah memberikan segala sesuatu baik adanya.

 

Bagi yang dapat membaca tulisan Mandarin (tentu komputernya dengan sistem Windows yang mendukung untuk bahasa Mandarin), silakan kilik  www.zqyxf.com  http://www.zqyxf.com/aboutus_5.asp http://www.chinesemedicines.net/dfys/dfys_detail.asp?id=983 ,
  http://www.baidu.com/s?wd=%C0%EE%C9%D9%B2%A8&cl=3 , http://www.pku.org.cn/forum/view.jsp?forum=31&thread=832&messageID=1469 , dan  http://www.xtnm.com/2004/9-16/191859.html 
  
Di situ kita bisa mendapatkan informasi lebih lengkap lagi (bahan dari Handbook Meditasi Zhen Qi Sirkulasi) sehingga lebih afdol tentunya.

 

~ Penulis tidak bertanggung-jawab atas efek yang terjadi ~

 

 

 

 

 

           

 

 

Powered by: SECAPRAMANA.Com. Inc.   Copyright@2000    All Rights Reserved