SINGAPORE - Negeri Tiger Balm


Map of Singapore

 

Dimanapun kita memasuki gerbang kota Singapore, tidak akan terkesan sebagai terminal seperti pada umumnya di hampir semua negara, tapi di sana serba dikemas bagaikan kita berada di dalam plasa modern yang lengkap.

Bandara Changi diakui sebagai bandara yang sangat bagus sejak seperempat abad yang lalu hingga saat ini. Bandara ini dibagi menjadi 3 terminal, yaitu Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3. Antara Terminal 1 dan 2 serta 3 dihubungkan dengan SkyTrain tanpa bayar (sebetulnya masing2 ada 2 jalur yaitu di dalam dan di luar masing2 terminal).

Stasiun MRT berada di Terminal 2. Bila menggunakan MRT, turun di Stasiun Tanah Merah dulu (hanya berjarak 2 stasiun) untuk ganti kereta (pelajari peta MRT untuk memilih jalur MRT ke tempat yang dituju).

 

Map of MRT Singapore

 

Bagi yang belum menguasai kota Singapore, sebaiknya ikut semacam city tour, yaitu Hippo Tour atau Duck Tour. Hippo Tour akan membawa kita untuk menyelusuri tempat-tempat yang dianggap penting seperti: river cruise, heritage tour, red lantern tour, kawasan China Town, Kampung Bugis (Arab dan India), Sentosa Island, Esplanade, dan object turis penting lainnya, sehingga kita memperoleh gambaran Singapore secara keseluruhan.

Sebelum kita berpetualang, hari pertama di Singapore sebaiknya kita membeli kartu ez-link yaitu kartu yang digunakan untuk kemanapun kita pergi dengan sarana umum MRT atau bus berbagai jurusan (dapat dibeli di Terminal 2 Bandara Changi). Kita harus membeli kartu itu pertama kali seharga SGD 12,- dan setiap kali dipakai akan berkurang terus point-nya dan harus top-up (ditambah) minimum SGD 10,- pada mesin top-up yang tersedia di stasiun MRT. Sebelum meninggalkan Singapore, kartu ini dapat diuangkan kembali beserta sisa point yang belum terpakai.

 

Terminal 1 Changi International Airport Singapore with Skyline for connecting Terminal 2 and Terminal 3

 

Changi Airport Singapore yang tidak membosankan sejak 40 tahun lalu

 

Christmas 2010 at Terminal 1 Changi Airport Singapore

Changi Airport Singapore achieves as the best airport in the world 2014

 

Changi Airport 12 August 2013, before Debra leaving for Monterrey-Mexico

 

Christmas Tree inside Changi Airport Desember 28, 2013

 

Kalau kita hendak menggunakan taxi (maksimum 5 orang termasuk sopir taxi), harus antri di tempat khusus pemberhentian taxi, tidak bisa sembarang tempat seperti Jakarta. Di manapun kita membeli tiket atau membeli makanan atau nonton apa saja harus dengan budaya mengantri secara teratur. Jangan meludah dan membuang sampah sembarangan, bisa ditangkap dan dikenai denda mahal sekali.

Singapore dikenal sorganya untuk shopping terutama elektronik yang tipe terbaru maupun pakaian-pakaian butik ber-merk internasional dengan harga yang reasonable. Tempat shopping yang tersohor adalah plasa-plasa di Orchard Road, di sana pada malam hari memang nyaman untuk dinikmati sambil jalan-jalan sepanjang Orchard. Sebenarnya shopping di Singapore juga sudah tidak murah lagi, hanya OG building (dekat stasiun MRT Bugis) kadang ada goods for sale.

Untuk belanja elektronik sebaiknya di Funan Centre (dekat MRT City Hall) atau Sim Lim Square. Funan Centre ada food-court di lantai 5 yang serba enak.

Ingat, setiap kali kita menawar barang elektronik atau barang mahal lainnya, pastikan harga termasuk pajak GST Refund sehingga dengan form GST Refund dapat kita uangkan kembali di masing-masing terminal Changi Airport sesuai ticket penerbangan (ada counter khusus untuk GST Refund) sebelum kita meninggalkan Singapore. Kita akan memperoleh form GST Refund atas barang yang kita beli minimum seharga SGD 100,-

Bila masih banyak waktu menunggu pesawat, UOB Platinum Card Holder dapat menggunakan SATS Lounge di lantai 2 Terminal 2 dan Terminal 3.

Kalau mau beli apapun tapi bingung takut kemahalan atau takut dapat barang yang tidak benar/asli/lengkap, silakan coba dulu ke Mustafa Center di Serangoon Road (turun di stasiun MRT Farrer Park) sebagai patokan harga barang beserta kelengkapannya (GST Refund bisa diambil langsung di Mustafa Centre sehabis belanja minimum SGD 100).

Ibu-Ibu yang suka peralatan dapur canggih dan lengkap macamnya ada di Tangs (310 Orchard Road), jangan lupa minta GST Refund, dan apabila beli barang elektronik yang masuk bagasi pesawat bisa dimintakan export packing lengkap dengan tulisan fragile dari toko tersebut.

Di atas MRT stasiun City Hall, ada 2 arah shopping ke Raffles City Mall, atau City Link Mall yang merupakan lorong mewah bawah tanah menuju Suntec City Mall (dapat menyaksikan air mancur laser menari setiap harinya jam 20.00, atau 21.00). Sebelum tiba di Suntec City Mall, ada pilihan juga shopping ke Marina Square Mall.

Di lantai basement Sim Lim Square ada food-court (buburnya uenak tuh, di stan khusus bubur), setelah keluar dan menyeberang akan kita masuki Bugis Street, tempat orang banyak berjualan souvenir murah. Selesai jalan sepanjang lorong Bugis Street, kita menyeberang jalan lagi menuju Bugis Junction yang di dalamnya juga ada banyak orang berjualan (Hilam Street, dll.).

Jika kita berdiri di pinggir jalan North Bridge Road pada pintu masuk Stasiun MRT City Hall, setiap jam ada kendaraan khusus bertuliskan Milenia Walk. Naik kendaraan tersebut secara gratis kita diantar menuju gedung Milenia Walk, yaitu mall berisikan barang-barang kelas atas. Menyelusuri Milenia Walk Mall hingga selesai dan keluar mall akan kita temui Suntec City Mall.

Bagi yang bepergian ke Singapore membawa lebih dari 3 orang dan pingin serba efisien pengeluarannya, sebaiknya menginap di apartemen yang disewakan (sebagai ganti hotel yang rata-rata kamar hotel hanya boleh dihuni 2-3 orang dengan harga di atas Rp 1 juta,- per-malam). Di apartemen standard bersih dan bagus sudah bisa diperoleh dengan harga Rp 900 ribu,- per-malam dan dapat dihuni hingga 5 orang.

Kalau doyan durian, pergi saja ke GeyLang mampir di stan Ken Lim (dengan SGD 6,- kita sudah bisa makan kenyang 3 durian Sultan yang matang dan manis sekali).

Kalau kita membawa anak, ada baiknya kita ajak ke Jurong menggunakan MRT untuk menyaksikan Science Centre, dan juga ada Discovery Centre, Chinese Garden, Omniplanetarium, dll. Juga luangkan waktu sepanjang hari ke Sentosa Island (MRT turun di Harbour Front), di sana dapat kita saksikan diorama sejarah Singapore yang menarik sekali; mampir Vivo City Mall untuk santai-santai di cafe dengan pemandangan bagus: Tangs, Food Republic, dsb. Dari luar Vivo City Mall (belakang) bisa melihat pemandangan bagus sekali ke arah Sentosa Island.

Untuk adventure Universal Studio, gunakan MRT turun di Harbour Front, kemudian disambung naik monorail ke Water Front. Dalam area Universal Studio, minimal masuk: Shrek 4-D Adventure, Jurassic Park Rapids Adventure, Revenge of the Mummy (Ancient Egypt), Water World, Pantages Hollywood Theatre, "Lights, Camera, Action! hosted by Steven Spielberg", bisa makan burger di Mel's Drive-In.

Kita juga dapat menyaksikan panorama kota Singapore terutama di sore hari dari ketinggian di Mount Faber.

Gardens by the Bay terdiri 2 yaitu Flower Garden dan Cloud Rain Forest (MRT turun di Marina Bay, dilanjut naik kereta ke Gardens by the Bay bayar S$4 pp max jam 17.00), biasanya orang lebih memilih Cloud Rains Forest karna masing-masing ticketingnya seperempat juta rupiah per-orang).

Yang lebih seru lagi tapi mahal adalah menginap di Marina Bay Sands Hotel (MRT turun di Marina Bay, kita dapat bersantai di Tower 1, 2, 3 untuk menyaksikan kota Singapore beserta Selat Malaka sambil breakfast atau dinner, terutama sore/malam hari sangat indah; juga kita dapat berenang di tepi ketinggian yang membuat exciting. Di sebelahnya ada Marina Bay Sands Mall yang megah dan besar sekali, nyaman untuk dinikmati, ada ice skating yang dikelilingi food-court (yang enak stall masakan Korea dan stall masakan Thailand). Di belakang Marina Bay Sands Mall bisa duduk-duduk di pinggir danau menghadap panorama gemerlapan bangunan-bangunan tinggi di malam hari dengan atraksi air mancur menari dengan sinar laser.

 

Dermaga Harbour Front (menyatu dengan Vivo City Mall), terminal kedatangan dari Batam 2006

 

Vivo Mall Desember 26, 2013

 

Singapore strait seen from Vivo Mall

 

Sentosa Island seen from Vivo Mall

 

Sentosa Island

 

Bagi yang ingin melanjutkan perjalanan ke Kuala Lumpur dengan bus (hampir 6 jam), bisa menggunakan Bus First Coach bertarif SGD 30,- (ini yang murah tapi sudah bagus sekali). Beli tiketnya dan berangkat jam 7.30, 9.30, 11.30, 14.30, 16.30, dan 18.30 di Global Holydays (Novena Square lantai 2 kios 33 di Thomson Road 238, Singapore).

 

Universal Studio Singapore dengan para bintang selebriti 2010

 

Revenge of the Mummy (Ancient Egypt)

 

Singapore is a vibrant city with lots of exciting leisure attractions

 

Tiap hari Jumat terakhir setiap bulan diadakan "Late Shopping", yaitu toko-toko dalam plaza di sepanjang Orchard Road yang buka hingga tengah malam.

 

Meriah Natal 2010 sepanjang Orchard Road
 

Jajan es magnolia syik-asyik SGD 1,- di Orchard Road

 

Enaknya es SGD1 pertengahan 2006

 

Orchard Road Juni 2006

 

Nongkrong di depan Paragon Juni 2006

 

Menikmati musik Brazilian akhir Juni 2006

 

Rendevouz across Takashimaya 2006 - Happy exploring!!

 

Orchard Road - malioboronya Singapore, memang mengasyikkan untuk dinikmati pejalan kaki

 

Marche Restaurant inside 313 Building in Orchard Road, in front of Brotzeit in 2013

 

Singapore is really convenient for everything you need

 

Jangan melancong jalan-jalan di Singapore persis 31 Desember malam di Orchard Road. Kita akan tersiksa dengan begitu padatnya orang sehingga membahayakan bagi istri dan remaja putri karna berisiko digerayangi tangan jahil. Demikian juga bila ingin buang hajat akan kesulitan. Resto, food-court, maupun cafe sudah dipenuhi orang. Dan untuk mencari taxi pun hampir mustahil mendapatkannya malam itu.

 

Boat Quay mid 2006

 

Debra at Boat Quay

 

Statue of Raffles at Boat Quay

 

Clarke Quay from Novotel in Desember 2013

 

Clarke Quay in the evening

 

Riverside Point at Clarke Quay

 

Clarke Quay across the river from Central Building

 

Clarke Quay with Central building

 

Bagi yang suka durian, silakan coba durian mentega di Balestier Road 249 (Linda Ang +65 92789928). Apapun durian yang ada di situ memang enak semua terutama durian mentega. Sesudah makan durian sebaiknya diikuti makan buah manggis untuk menetralisir. Christmas 2013 durian mentega yang kami makan 2kg seharga SGD35,- Manggis yang bagus (seed Jepang) SGD10.

Untuk oleh-oleh bisa beli hiwan (bakso ikan) "Ballgus" dan juga pork ball (bakso babi) "Pingpong" di local super market 'Sheng Siong' di jalan Rochor, disamping enak rasanya juga murah meriah. Bisa juga Natural Sweet & Nutty "CAMEL" di Supermarket Mustafa Center.

 


Tempat Makan di Singapore:

01.  Noodle Place Restaurant (bubur dan noodle, lihat menu pilih yang bertanda khusus)

     176 Orchard Road, Centrepoint

02.  Brotzeit (German Bier, Schweinshaxn/kaki babi SGD36.00)

 @  313 Orchard Road (di bawah 313 Building, persis pintu keluar stasiun MRT Somerset)

 @  1 Harbour Front Walk, Vivo City

 @  252 North Bridge Road, Raffles City

03.  Por Kee Eating House 1996 (dekat Tiong Bahru Road, Rabu libur lho) (babi kecap, kerapu, udang goreng ditaburi gandum)

     Blk 69 # 01-02 Seng Poh Lane

04.  Wee Nam Kee Hainanese Chicken Rice (Chicken Roasted or Steam Chicken memang haujek)

     Persis seberang Novena Church

05.  Bugis Junction (B1 K27) atau Funan Digitalife Mall (01-18) ada resto Bishamon (Tonkotsu Cha Shu Miso Ramen seharga SGD 14.90)

06.  Big Chicken Rice (steam chicken dan roasted chicken, keistimewaannya nasinya rasa garlic dan gingernya sangat terasa)

     Selegie Road (Peace Center)

07.  Boon Tong Kee (udang goreng ditaburi gandum, tim ayam putih, babi spesial)

      Balestier Road

08.  Mun Chee Kee (Pig's Organ Soup - murah meriah enak pol SGD6,50)

    207 Jalan Besar (persis belakang Mustafa Center, masuk pintu utama Serangoon Plasa lurus terus sampai perempatan Jalan Besar)

09.  Pu Tien Restaurant (jam 17.30-18.30 beli lo mie, dll. 'take away' 50%)

       127 Kitchener Road (dekat Serangoon Plasa)

10.  Kopitiam (tanpa embel2 di belakangnya, laksa-nya enak lho)

11.  Wee Nam Kee Hainanese Chicken Rice (Chicken Roasted or Steam Chicken memang haujek)

      Persis seberang Novena Church

12.  Combat Durian (Linda Ang +65 92789928) (durian mentega aduhai mana tahan legitnya pol)

      249 Balestier Road

 

Hotel di Singapore:

** Novotel Singapore Clarke Quay, dekat stasiun MRT Central Clarke Quay dan pusat hiburan pinggir kali.

** Bencoolen Ibis Hotel, dekat stasiun MRT Bugis dan keramaian resto dll.

** Supreme Hotel, dekat Orchard Road

@  Apartemen Tan Tong Meng Tower

    Thomson Road 06-370, hubungi Shinta-Wiryadi: 081808833889-sms, 65-98510888.

@  The Vermont Apartment unit  (dekat stasiun MRT, dan dekat Newton Circus Foodcourt)

    # 08-02 (11, Peck Hay Street), hubungi Lies: 65-80167510.

 

SGD 1 ekuivalen Rp 10.000,- (January 2014)

 

 

 

         

 

 

Powered by:  SECAPRAMANA.Net.Inc.  Copyright@2000  All Rights Reserved